Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tantangan Konselor Sebaya di Era Big Data


Bastra News -- 29 September 2023 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang menggelar kuliah umum bertajuk "Tantangan Konselor Sebaya di Era Big Data.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan III, Dr. Muhamad Idris, M.Pd., Kepala Program Studi Bimbingan Konseling, Endang Surtiyoni, M.Pd., Kepala program studi dilingkungan FKIP, serta berbagai tamu undangan lainnya.

Pembicara utama pada acara ini adalah Prof. Dr. Nur Hidayah, M.Pd., seorang pakar dalam bidang bimbingan dan konseling. 


Dalam kuliah umumnya, Prof. Nur Hidayah membahas tentang signifikansi era Big Data dalam konteks transformasi digital. Beliau mengungkapkan, "Era Big Data dimaknai sebagai era transformasi digital. Dalam era ini, profesi bantuan (guru BK/konselor, calon guru BK/mahasiswa BK) harus membangun sikap adaptif dengan mengedepankan kolaborasi, berfikir kritis dan kreatif, multitrust, dengan perspektif nilai budaya setempat."

 

Prof. Nur Hidayah juga menyoroti perubahan dalam peran guru BK/konselor dan calon guru BK di era transformasi digital. Mereka kini lebih sering berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam melaksanakan program-program di luar lingkungan sekolah. 



Hal ini menunjukkan bahwa profesi bimbingan dan konseling memiliki peran yang semakin vital dalam mendukung perkembangan siswa di era yang semakin terkoneksi dan terdigitalisasi.

 

Kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru kepada para mahasiswa bidang bimbingan dan konseling tentang bagaimana menghadapi tantangan yang ada di era Big Data. Dengan memahami perubahan ini, diharapkan para konselor sebaya dapat lebih efektif dalam membantu siswa mengatasi berbagai masalah dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi masa depan yang penuh dengan inovasi teknologi.

Posting Komentar untuk "Tantangan Konselor Sebaya di Era Big Data"

10 Kebiasaan Kecil yang Bisa Meningkatkan Produktivitas
Sopan Santun dalam Hubungan Guru dan Murid
12 Karakteristik Khusus Orang yang Suka Menyendiri