Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Universitas PGRI Memeriahkan Bulan Bahasa dengan Kolaborasi SMA di Lima Kabupaten


Rangkaian Seamarak Bulan Bahasa Sudan memasuki tabun kedelapan. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas PGRI Palembang telah menjalin kerjasama dengan beberapa sekolah menengah atas (SMA) untuk menjadi tuan rumah sekaligus panitia Lomba Pemilihan Sahabat Bastra dan Pembacaan Puisi.


Salah satunya adalah SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung yang baru-baru ini menyelenggarakan Lomba Pemilihan Sahabat Bastra dan Pembacaan Puisi di Gedung Serba Guna dan Ruang Digital pada Rabu (18/10). Acara tersebut diikuti oleh beberapa sekolah menengah atas dan kejuruan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir.


Kepala SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung, H. Anis Joko Santoso, S.Pd., M.M., dalam sambutannya menyambut baik kegiatan Semarak Bulan Bahasa ke-8 ini dan mengapresiasi Universitas PGRI Palembang, khususnya Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP, atas kepercayaannya sebagai tuan rumah perlombaan yang memeriahkan Bulan Bahasa. "Terima kasih kami sampaikan kepada Universitas PGRI Palembang yang telah mempercayai kami sebagai tuan rumah perlombaan menyemarakkan bulan bahasa," ujarnya dengan penuh keramahan.


Ia menambahkan bahwa dalam perlombaan tersebut, semua peserta dianggap sebagai pemenang. "Kalian semua peserta lomba adalah pemenangnya karena kalian sudah berhasil keluar dari zona nyaman, ikut serta dalam perlombaan, dan mendapatkan ilmu dari peserta lomba lainnya," ungkapnya.


Di sisi lain, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Dr. Achmad Wahidy, mengungkapkan bahwa acara Semarak Bulan Bahasa ke-8 ini melibatkan enam sekolah menengah atas di lima kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan sebagai tuan rumah dan panitia penyelenggaraan perlombaan. Keenam sekolah tersebut antara lain SMAN 1 Penukal, SMAN 1 Plus Banyuasin III, SMAN 3 Unggulan Kayuagung, SMAN 1 Indralaya Selatan, SMAN 1 Belimbing, dan SMAN 1 Unggulan Indralaya Utara.


Wahidy juga menambahkan bahwa tema Semarak Bulan Bahasa ke-8 tahun 2023 ini adalah "Tingkatkan Kreativitas Generasi Milenial Melalui Bulan Bahasa serta Peduli pada Sesama." Para juri dalam kedua lomba tersebut merupakan para dosen Bahasa Indonesia yang ahli di bidangnya, antara lain Dr. Darwin Effendi M.Pd, Masnunah M.Pd, dan Juaidah Agustina M.Pd, dengan bantuan Duta Bahasa Bastra FKIP Universitas PGRI Palembang.


"Para peserta lomba yang tamat sekolah nantinya, apabila berkeinginan melanjutkan studi di Universitas PGRI Palembang, akan mendapatkan prioritas pendaftaran tanpa dikenai biaya pendaftaran dan uang pembangunan. Selain itu, bukan hanya peserta, tetapi juga guru pendamping akan menerima piagam sertifikat dari kampus," jelas Wahidy, yang disambut antusias oleh seluruh peserta dan guru pendamping dari masing-masing sekolah.

Posting Komentar untuk "Universitas PGRI Memeriahkan Bulan Bahasa dengan Kolaborasi SMA di Lima Kabupaten"

10 Kebiasaan Kecil yang Bisa Meningkatkan Produktivitas
Sopan Santun dalam Hubungan Guru dan Murid
12 Karakteristik Khusus Orang yang Suka Menyendiri