Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FKIP UPGRIP dan Radio Elshinta Palembang Jalin Kerjasama Strategis untuk Program MBKM

Bastra News — Dalam upaya untuk memaksimalkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) telah menjalin kemitraan strategis dengan Radio Elshinta Palembang. Kolaborasi ini resmi terjalin melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR., selaku Dekan FKIP UPGRIP, dan Ari Kristianto, S.I.Kom., Kepala Bidang Siar Radio Elshinta Palembang.

Kerjasama antara FKIP UPGRIP dan Radio Elshinta semakin diperkuat dengan penandatanganan Implementasi Kesepakatan (IA) antara Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dengan Radio Elshinta Palembang. Kesepakatan ini ditandatangani oleh Dr. Achmad Wahidy, M.Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di FKIP UPGRIP, dan Ari Kristianto, S.I.Kom., Kepala Bidang Siar Radio Elshinta Palembang. Penandatanganan bersejarah ini berlangsung di Ruang 406 Gedung Business and Science Center pada Selasa, 19 September 2023.



Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, yang diwakili oleh Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., Wakil Rektor III. 


Turut hadir juga Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR., Dekan FKIP UPGRIP, Wakil Dekan I Hetilaniar, M.Pd., Wakil Dekan III Dr. Muhamad Idris, M.Pd., Ari Kristianto, S.I.Kom., Kepala Bidang Siar Radio Elshinta Palembang, Dr. Achmad Wahidy, M.Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, sejumlah ketua program studi, dosen, dan mahasiswa dari lingkungan FKIP UPGRIP.


Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR., dalam sambutannya, menekankan bahwa program magang, yang melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di FKIP UPGRIP, sejalan dengan kurikulum MBKM yang diterapkan sejak tahun 2021. 



Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada Radio Elshinta atas kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa UPGRIP Palembang, khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, untuk memperoleh pengalaman dan kompetensi berharga di luar keterampilan mengajar. "Kerjasama ini membawa kebahagiaan dan merupakan bagian penting dari kurikulum MBKM," ungkapnya.


Sementara itu, Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., menyoroti bahwa FKIP UPGRIP Palembang terus mencari terobosan dan peluang baru untuk memungkinkan mahasiswanya mengembangkan soft skill dan memperluas wawasan mereka. 



Beliau berharap bahwa kerjasama ini akan mendukung upaya mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia dan sesuai dengan tujuan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Nadiem Makarim. 


Kebijakan MBKM mendorong kolaborasi antar perguruan tinggi dan bertujuan untuk memperluas cakupan kemitraan di masa depan sambil meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa UPGRIP Palembang.


Ari Kristianto, S.I.Kom., Kepala Bidang Siar Radio Elshinta Palembang, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Rektor, Dekan FKIP, dan dosen atas pemilihan Radio Elshinta sebagai mitra untuk magang mahasiswa. 



Harapannya kerjasama ini dapat berjalan dengan produktif dan berkelanjutan, dengan menyimpulkan, "Semoga kerjasama ini berjalan dengan baik dan berlangsung sukses."


Kerjasama antara FKIP UPGRIP dan Radio Elshinta Palembang memiliki potensi besar dalam memperkaya pengalaman pendidikan mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia dan mendukung tujuan program MBKM. 



Ini mencerminkan komitmen kedua institusi untuk memberikan kesempatan praktis kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

Posting Komentar untuk "FKIP UPGRIP dan Radio Elshinta Palembang Jalin Kerjasama Strategis untuk Program MBKM"

10 Kebiasaan Kecil yang Bisa Meningkatkan Produktivitas
Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UPGRIP Raih Akreditasi Unggul dan Tingkatkan Kualitas Pendidikan
Sopan Santun dalam Hubungan Guru dan Murid