Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Akreditasi Jurnal, FKIP UPGRIP Dampingi Pengelola Jurnal

Bastra Radio -- Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) terus melakukan berbagai terobosan dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kali ini, UPGRIP menyelenggarakan Workshop Pendampingan Pengajuan Akreditasi Jurnal dan Indexing SINTA guna mendorong jurnal ilmiah yang belum terakreditasi dan meningkatkan mutu pengelolaan jurnal yang dikelola Prodi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UPGRIP.

Workshop yang dilaksanakan pada tanggal 17-19 April 2023 di ruangan 406 Gedung Science Center Universitas PGRI Palembang ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR, dan dihadiri oleh para pejabat dari lingkungan FKIP UPGRIP serta tamu undangan lainnya.

Wakil Dekan I Hetilaniar, M.Pd., dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan untuk membantu persiapan akreditasi jurnal yang ada di lingkungan FKIP UPGRIP serta Program Studi dalam meningkatkan kualifikasi akreditasi jurnalnya serta memberikan strategi dalam mempersiapkan dan melaksanakan akreditasi jurnal terutama persiapan fisik dan dokumen. 

Kegiatan ini diikuti oleh 25 peserta, 1 kaprodi, satu kepala laboratorium, dan dua pengelola jurnal setiap program studi. Adapun program studi yang jurnalnya belum terakreditasi adalah Pendidikan Fisika (Jurnal Luminos), Pendidikan Bahasa Indonesia (Jurnal Parataksis), Pendidikan PGSD (Jurnal Scholastika), Pendidikan Jasmani (Jurnal Jolma), dan Program Studi PVTO yang belum memiliki jurnal.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si, CIQaR sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berpesan agar Workshop selama tiga hari ini dimanfaatkan secara maksimal sehingga pada gilirannya akan menambah kompetensi terutama dalam hal publikasi sesuai dengan perkembangan di era 5.0. Ia juga berharap bahwa pada tahun 2023, semua jurnal di UPGRIP sudah terakreditasi dan terjadi peningkatan jurnal terakreditasi scopus.

Workshop ini diharapkan memberikan manfaat bagi dunia pendidikan, khususnya dalam mendukung pengelolaan jurnal ilmiah yang berkualitas di lingkungan FKIP UPGRIP. 

Narasumber yang berkompeten seperti Aswadi Jaya, M. Pd dengan materi tentang Paparan dan diskusi Pengenalan Akreditasi Jurnal dan Yunika Lestaria Ningsih, S.Si., M. Pd dengan materi tentang Manajemen dan Tata Kelola Jurnal diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang proses akreditasi jurnal dan pengelolaannya.


Posting Komentar untuk "Tingkatkan Akreditasi Jurnal, FKIP UPGRIP Dampingi Pengelola Jurnal"

10 Kebiasaan Kecil yang Bisa Meningkatkan Produktivitas
Sopan Santun dalam Hubungan Guru dan Murid
12 Karakteristik Khusus Orang yang Suka Menyendiri